18 Penyebab dan Cara Agar Baterai Android Tidak Boros

Hendra Prasetyo - Mengapa HP Android saya selalu cepat panas dan baterainya sangat boros? Pertanyaan tersebut sering saya dengar di berbagai media sosial dan bahkan di kalangan masyarakat sekalipun. Android memang sistem operasi yang sangat canggih sehingga untuk mengoperasikannya membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Namun tahukah anda, ada beberapa penyebab baterai hp cepat habis. Saya akan menguraikan penyebabya dan tidak lupa juga untuk mengatasi masalah boros baterai ini.



Lalu bagaimana agar baterai kita tidak cepat habis? Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi baterai yang cepat habis.

1. Kapasitas Baterai Sedikit
Kapasitas baterai memang sangat mempengaruhi cepat-habisnya baterai android. Jika hp anda memiliki kapasitas baterai yang sedikit, maka saya menyarankan agar anda membeli baterai double power. Seperti baterai original punya saya yang hanya memiliki kapasitas 1300 mAh, setelah saya belikan baterai double power sekarang ini menjadi lebih awet.

2. Brightness Atau Pencerahan Terlalu Terang
Anda harus mengurangi pencerahan layar pada ponsel android anda menjadi 0. Cara ini sangat ampuh untuk membuat hp saya lima kali lebih lama dari biasanya. Saya rasa semua pengguna android tahu mengenai cara melakukan setting pencerahan masing-masing handphone, jadi tidak perlu saya jelaskan caranya.

3. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Yang Menyedot Banyak Baterai
Tahukah anda bahwa aplikasi berikut ini menyebabkan pengurasan daya yang sangat drastis. Berikut ini adalah aplikasi yang paling banyak menguras daya baterai anda menurut survey: BBM, Facebook, Google Maps, Cuaca, dan Game Online 3D misalnya Clash of Clans.

4. Memasang Widget Berlebihan di Homescreen
Saya rasa widget pada homescreen sangatlah tidak berguna, gunakanlah widget yang penting-penting saja misalnya tanggal dan jam digital. Cara menghapusnya sangatlah mudah yaitu dengan menekan widget selama 2 detik lalu didrop ke bagian logo yang bergambar trash atau tempat sampah.

5. Live Wallpaper
Live Wallpaper atau yang sering juga disebut dengan animasi bergerak sangat banyak menggunakan daya baterai, karena setiap waktu berjalan gambar yang ada di homescreen selalu bergerak walau anda tidak melihatnya. Segeralah matikan live wallpaper agar hp android anda baterainya awet.

6. GPS atau Lokasi Yang Tidak Dimatikan
GPS (Global Positioning System) harus dimatikan jika tidak perlu, kecuali anda sedang melakukan perjalanan yang arahnya tidak diketahui dan atau ketika anda bermain Pokemon Go memang wajib dinyalakan, tetapi setelah selesai dengan itu semua sesegeralah mungkin untuk mematikan lokasi dengan cara masuk ke Setelan Google > Lokasi.

7. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Background
Tahukah anda bahwa jika anda membuka aplikasi lalu tidak mematikannya dengan benar dan langsung menekan tombol Home, aplikasi tersebut masih berjalan sampai anda mematikan aplikasi tersebut. Jadi, mulai sekarang tutuplah aplikasi dengan benar agar dapat menghemat baterai anda. Cara untuk melihat aplikasi yang berjalan adalah dengan menekan tombol home selama 2 detik atau bisa juga dengan Setelan > Aplikasi > Menjalankan (English: Setting > Apps > Running Service.

8. Sinkronisasi Otomatis Tidak Dimatikan
Hal ini sangatlah sering terjadi. Hampir 75% pengguna android tidak mematikan sinkronisasi otomatis atau Auto Sync. Cara mematikannya cukuplah mudah yaitu tap Setting > Account and Sync.

9. Tidak Menggunakan Aplikasi Hemat Baterai
Aplikasi yang satu ini sangatlah penting untuk menghemat baterai anda. Terdapat banyak aplikasi hemat baterai di Play Store yang dapat anda unduh secara gratis. Untuk aplikasi hemat baterai, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi Battery Dr Saver.

10. Terlalu Banyak Aplikasi Antivirus dan Hemat Baterai
Menggunakan aplikasi antivitus ataupun hemat baterai sangatlah bagus. Tetapi, jika terlalu banyak aplikasi yang digunakan maka kelar baterai hp anda.

11. Aplikasi Tidak Up To Date
Jika terdapat notifikasi atau pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi, sesegeralah untuk mengupdate nya di Play Store. Karena aplikasi yang tidak diperbaharui akan mengahabiskan 2x penggunaan normalnya.

12. Terlalu Banyak Sampah dan Cache Aplikasi
Aplikasi yang sering dibuka akan meninggalkan sampah yang banyak jika tidak dibersihkan. Cara menghapus sampah dan cache dengan mudah yaitu dengan mendownload aplikasi Clean Master atau bisa juga CCleaner di Play Store.

13. Tidak Meletakan Ponsel di Suhu Rendah
Suhu yang terlalu tinggi atau sangat panas sangatlah mempengaruhi baterai anda. Letakkanlah ponsel anda di suhu yang dingin. Jika baterai hp anda cepat panas saat dimainkan, gunakanlah kipas angin di sebelah anda agar kondisi hp selalu dingin. Tetapi hati-hati agar anda tidak masuk angin.

14. Penggunaan Ponsel Saat Dicharging
Pernahkah anda menggunakan ponsel saat dicas? Atau bahkan anda selalu melakukan ini? Hilangkanlah kebiasaan anda ini karena dapat merusak baterai ponsel anda, karena saya sudah mengalami sendiri pengalaman pahit ini.

15. Tidak Mengaktifkan Airplane Mode
Saat bar pada sinyal android naik turun, saat itu juga baterai anda dikuras. Gunakanlah fitur Mode Pesawar agar baterai anda hemat. Tetapi saya tidak menyarankan hal ini jika anda adalah orang penting yang selalu mendapat sms atau panggilan dari kantor ataupun bbm dari kekasih anda.

16. Ponsel Tidak Pernah Istirahat
Sesekali istirahatkanlah hp anda dengan cara tidak menggunakannya selama satu hari saja. Tapi apakah anda bisa melakukan ini? Jujur saja saya sendiri tidak bisa. Apalagi saya seorang gamer dan blogger yang harus selalu mengupdate blog saya.

17. Tidak Mematikan Getaran
Semua orang tahu bahwa menyalakan fitur getaran (vibration) akan menguras banyak baterai. Lakukanlah penonaktifan getaran ponsel anda agar baterai lebih hemat.

18. HP Tidak Pernah di Flash
Lakukanlah flashing pada hp anda minimal dua kali per tahun. Jika anda tidak mempunyai biaya untuk membayar teknisi flasher, anda dapat melihat postingan saya yang sebelumnya. Baca: Cara Flashing Android dan Semua Merk Tipe HP.


Itulah penyebab dan cara menghemat baterai android, terima kasih sudah membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Penyebab dan Cara Agar Baterai Android Tidak Boros"

Post a Comment