Cara Flashing Android dan Semua Merk Tipe HP

Cara Mengeflash HP

Flash atau biasa disebut juga dengan Flashing adalah memasang sebuah sistem operasi dengan adanya bantuan dari komputer dan alat perangkat lainnya. Alat perangkat lain disini terdiri atas kabel data dan box flasher. Biasanya, Flashing ulang pada suatu HP dilakukan karena keadaan handphone yang mati total, mati suri, bootloop, dan softbrick. Ada beberapa orang yang salah kaprah menyamaartikan antara Flashing dan Install. Menurut saya sendiri, install adalah memasang sebuah aplikasi yang nantinya berjalan dengan memanfaatkan sistem operasi. Sedangkan flash sendiri sudah saya jelaskan diatas dengan singkat.

Lalu bagaimana cara melakukan Flashing dengan mudah dan tanpa ribet? Sebenarnya memang sedikit sulit dan rumit, akan tetapi saya akan berusaha menjelaskan secara detail dari awal hingga akhir agar anda bisa melakukan praktek sendiri tanpa harus mengeluarkan uang saku untuk membayar teknisi.
Berikut ini merupakan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengeflashan pada HP anda. Saya mempunyai tiga metode cara melakukan flash untuk semua merk dan brand HP.

1. Flashing menggunakan Box Flasher
Metode yang satu ini sangatlah umum digunakan. Contoh merk Hanpdhone yang pengeflashannya dengan cara ini adalah Nokia 7610 atau biasa disebut hape ketupat karena memang dari segi bentuknya mirip ketupat. Saya juga pernah mempunyai hp ini, saat itu saya suka mendownload permainan dari berbagai situs penyedia game java seperti waptrick dan pada akhirnya terkena virus yang kemudiannya harus saya flash ulang dengan cara pertama ini. Untuk melakukan cara ini, anda harus mempunyai Box Flasher yang dinamakan UFS untuk memasukan Firmware MCU.

2. Flashing menggunakan Kabel data USB
Cara ini terbilang cukup mudah karena anda hanya perlu mempunyai sebuah kabel data atau biasa disebut juga dengan USB dan sebuah komputer. Anda harus menghubungkan HP dengan komputer menggunakan USB tadi.

3. JTAG
Cara flashing HP dengan JTAG adalah dengan menulis ROM atau Firmware kedalam IC namun dengan cara terpisah dari papan PCB HP. Cara ini adalah cara yang tercanggih karena kamu tetap dapat melakukan flashing pada HP yang sudah rusak sekalipun.

 Cara Flashing Handphone Secara Umum

1. Download aplikasi / software flasher (Contoh: Cyber Flashing, Flash&Backup, Sony Mobile Flasher)
2. Buka software tersebut
3. Pilih merk hp anda (abaikan langkah ini jika anda tidak menggunakan box flasher)
4. Setelah itu pilih menu flash / download dan pengeflashan pun dimulai.

Apakah anda bingung dengan istilah-istilah pada flashing seperti ROM, Firmware, Driver, USB, IC?
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai istilah ini.
1. ROM (Read Only Memory) adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai media penyimpan. Apakah sama dengan RAM? Berbeda, RAM (Random Acces Memory) adalah memori penyimpanan yang sifatnya hanya sementara.
2. Firmware adalah sama halnya dengan OS atau Operating System dan dijika diterjenahkan kedalam bahasa Indonesia berarti Sistem Operasi.
3. Driver adalah sebuah alat yang wajib diinstall karena untuk jalannya komunikasi antara HP dan komputrr saat pengeflashan sedang berjalan.
4. USB (Universal Serial Bus) adalah kabel untuk menghubungkan hp dengan komputer.

Demikianlah artikel yang saya buat untuk pembahasan cara flash hp untuk semua merk hp. Saya harap anda paham dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas. Saya mohon maaf apabila ada penulisan yang salah, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Flashing Android dan Semua Merk Tipe HP"