Cara Jitu Mengatasi Android Lemot

Hendra Prasetyo - Cara mengatasi agar smartphone android tidak lemot merupakan topik yang paling banyak dicari oleh pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan, masalah ini sangatlah sering terjadi terutama pada ponsel android kelas menengah ke bawah. Banyak yang mengeluhkan apabila smartphone nya tiba-tiba ngelag saat digunakan untuk bermain game ataupun menjalankan aplikasi.
Hal tersebut sebenarnya adalah pertanda apabila ponsel android sedang memikul beban yang sangat berat. Spesifikasinya tidak cukup mumpuni untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Faktor utamanya adalah kapasitas RAM, CPU dan memori internal nya.

Nah, untuk kamu yang merasa kesal dengan hal tersebut simaklah bagaimana cara mengatasi agar smartphone android tidak lemot berikut ini.

1.Perhatikan Kapasitas Memori Internal Yang Tersisa
Perlu kamu ketahui, jika performa smartphone tidak hanya ditentukan oleh RAM nya saja. Akan tetapi memori internal juga berperan besar. Ketika memori internal kamu sudah penuh, maka bisa dipastikan smartphone android akan bekerja dengan lambat. 
Solusinya yaitu dengan menghapus semua berkas tidak penting yang ada di memori internal. Kamu juga bisa memindahkannya ke MMC. Dengan demikian, memori internalmu tersedia luas dan performanya makin ngebut. 

2.Copot Pemasaangan Aplikasi Antivitus
Banyak pengguna android yang tertipu dengan aplikasi antivirus, bahkan ada yang menginstall lebih dari 1 di smartphonenya. Perlu kamu ketahui, apabila aplikasi antivirus akan terus berjalan di latar belakang. Dampaknya tentu pada RAM kamu yang semakin boros.
Hal inilah yang membuat performa android menjadi lemot. Maka dari itu sebaiknya kamu menghapus saja aplikasi antivirus.

3.Menggunakan Aplikasi Auto Kill
Bagi kamu yang hobi melakukan multi tasking, pastinya sudah terbiasa melihat banyak aplikasi yang aktif pada Recent Apps. Dampak dari banyaknya aplikasi yang berjalan pada Recent Apps yaitu RAM semakin sesak dan performa Android menjadi lemot.
Maka dari itu cobalah gunakan fitur "Auto Kill". Dengan fitur ini kamu bisa menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di background. Sehingga performa androidmu semakin kencang dan bertenaga.

4.Kurangi Pemakaian Widget
Cara mengatasi agar smartphone android tidak lemot selanjutnya yaitu dengan mengurangi pemakaian widget. Meskipun widget bisa mempercantik tampilan smartphone kamu, akan tetapi hal ini memakan RAM yang sangat besar. Akibatnya performa smartphone android semakin lemot dan lambat. Maka dari itu kurangilah penggunan widget.

5.Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting
Untuk kamu yang ingin smartphonenya tidak lemot, sebaiknya kamu hanya menginstall aplikasi yang penting-penting saja. Apabila kamu menginstall banyak aplikasi yang tidak diperlukan, maka hal tersebut hanyalah menghabiskan ruang penyimpanan saja. Sehingga smartphone android kamu menjadi lemot. 

6.Rutin Membersihkan Cache Data
Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara dari semua aplikasi yang pernah atau sedang kamu gunakan. Dengan adanya cache tersebut, kamu pun bisa dengan cepat membuka aplikasi. Akan tetapi, dibalik manfaatnya itu,  cache yang menumpuk bisa menjadikan android kamu lemot.
Cara untuk mengatasi android yang lemot akibat cache. Yaitu dengan membersihkan cache dari aplikasi yang kamu gunakan. Caranya Pergi ke menu Settings > Apps > All kemudian cari aplikasi mana yang ingin kamu bersihkan cache nya. Lalu pilih "Clear Cache".
Kamu pun juga bisa membersihkan semua cache sekaligus di ponsel android kamu.Caranya pilih menu Settings > Storage > Cache Data dan ketika ada pop up pilih "OK".
Demikianlah 6 cara mengatasi agar smartphone android tidak lemot. Silahkan coba sendiri dan lihat hasilnya. Sekarang smartphone kamu menjadi lebih ngebut dan bertenaga. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Mengatasi Android Lemot"

Post a Comment